1.
Definisi
Pendidikan
·
Ki Hajar Dewantara
Pendidikan
adalah daya upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiran, serta jasmani anak,
agar dapat memajukan kesempurnaan hidup yaitu hidup dan menghidupkan anak yang
selaras dengan alam dan masyarakatnya.
·
Ngalim Purwanto
Pendidikan
adalah segala urusan orang dewasa dalam pergaulannya dengan anak-anak untuk
memimpin perkembangan jasmani dan rohaninya kearah kedewasaan.
·
Edgar Dalle
Pendidikan
adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah
melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan, yang berlangsung di
sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik
agar dapat mempermainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tetap
untuk masa yang akan datang.
2. Definisi IPS
·
Somantri (Sapriya:2008:9)
IPS adalah
penyederhanaan atau disiplin ilmu ilmu sosial humaniora serta kegiatan dasar manusia
yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan pedagogis/psikologis untuk
tujuan pendidikan.
·
Moeljono Cokrodikardjo
Mengemukakan bahwa
IPS adalah perwujudan dari suatu pendekatan interdisipliner dari ilmu sosial.
Ia merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu sosial yakni sosiologi,
antropologi budaya, psikologi, sejarah, geografi, ekonomi, ilmu politik dan
ekologi manusia, yang diformulasikan untuk tujuan instruksional dengan materi
dan tujuan yang disederhanakan agar mudah dipelajari.
·
S. Nasution
IPS sebagai
pelajaran yang merupakan fusi atau paduan sejumlah mata pelajaran sosial.
Dinyatakan bahwa IPS merupakan bagian kurikulum sekolah yang berhubungan dengan
peran manusia dalam masyarakat yang terdiri atas berbagai subjek
sejarah,ekonomi, geografi, sosiologi, antropologi, dan psikologi sosial.
3. Definisi Pendidikan IPS
·
Depdikbud (1983)
Pendidikan IPS
pada hakikatnya adalah pendidikan interelasi aspek-aspek kehidupan manusia di
masyarakat. Hakikatnya materi digali dari kehidupan sehari-hari yang nyata
dalam kehidupan siswa dan masyarakat. Pendidikan IPS merupakan proses
pengajaran yang memadukan berbagai pengetahuan sosial.
·
Sapriya (2008:3)
Pendidkan IPS
sebagai pendidikan disiplin ilmu mempunyai ilmu-ilmu yang mendukung IPS yang
berakar pada suatu bidang yang disebut filsafat. Yang pada akhirnya ilmu-ilmu
pendukung tersebut akan berhulu pada ajaran agama.
·
Somantri dalam (Sapriya, 2008:9)
Pendidikan IPS
adalah penyederhanaan atau adaptasi dari disiplin ilmu-ilmu sosial dan
humaniora, serata kegiatan dasar manusia yang diorganisasikan dan disajikan
secara ilmiah dan pedagogis/psikologis untuk tujuan pendidikan.
Daftar Pustaka :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar